Skip to main content

Featured

Macam-Macam Bentuk

a. Bentuk Kubistis     Bentuk kubistis merupakan bentuk-bentuk yang menyerupai kubus atau balok. Benda-benda yang memiliki bentuk kubistis, antara lain televisi, lemari, meja, kulkas, dan mesin cuci. Meja merupakan contoh benda berbentuk kubistis. b. Bentuk Piramid dan Kerucut     Bentuk piramid merupakan bentuk benda yang menyerupai limas. Contohnya adalah piramid di Mesir. Adapun bentuk kerucut merupakan benda dengan bentuk bagian atas lancip, contohnya, kubah dan topi hias. Topi hias merupakan contoh benda berbentuk kerucut. c. Bentuk Silindris     Bentuk silindris merupakan bentuk benda yang menyerupai tabung atau silinder. Benda yang memiliki bentuk seperti ini antara lain gelas, ember, dan toples. d. Bentuk Bola atau Bulat     Bentuk bola atau bulat merupakan bentuk benda yang menyerupai bola yaitu bundar dan bagian dalamnya terkesan berisi (pejal). Benda yang memiliki bentuk seperti ini antara lain bola, semangka, dan globe. Semangka merupakan con

Pembagian Seni Rupa Berdasarkan Bentuknya

1. Seni Rupa Dua Dimensi
    Seni rupa dua dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki dua ukuran panjang dan lebar. Karya seni rupa ini hanya dapat dihayati dari satu arah yaitu dari depan.
Contohnya: seni lukis, seni ilustrasi, seni batik seni grafik, sketsa dan lain-lain.





2. Seni Rupa Tiga Dimensi
    Seni rupa tiga dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki tiga ukuran panjang, lebar dan tinggi atau tebal (mempunyai volume). Karya seni rupa ini dapat dinikmati atau dihayati dari beberapa arah pandang.
Contohnya: seni patung, seni kriya, seni bangunan, seni dekorasi, seni taman dan lain-lain.





© http://kuliah-seni.blogspot.co.id/2013/07/pengertian-seni-rupa-menurut-wujud-dan.html
© foto dari Google.com

Comments

Popular Posts